Widget edited by Blog Mas Hanif

Teks Berjalan

...< TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGUN ANDA, SEMOGA ADA KEBERKAHAN DARI BACAAN INI...AAMIIN ALLAHUMMA AAMIIN ...>

24 Mar 2013

JANGAN MENYEPELEKAN SHALAT BERJAMAAN,INILAH ANCAMANNYA..!


Dalam hadits Nabi saw., disebutkan :


"Kemudian, aku mengajak mereka membawa kayu bakar menuju kaum yang tidak mendatangi shalat. Lalu, aku bakar rumah mereka dengan api” 
(HR.Bukhari dan Muslim).

Disini Nabi saw menyatakan akan membakar rumah orang yang tidak mendatangi shalat berjamaah Subuh dan Isya' di Masjid.

Maknanya apa..?

  1. Nabi mengingatkan kaum muslim untuk selalu ingat Masjid sebagai rumah pertama dan melaksanakan Shalat Berjamaah. Kelak "Rumah dan Diri" si Pemalas / Munafik Akan dibakar oleh JAHANAM dan secara tidak langsung Rasulullah saw. mendo'akan akan kehancuran bagi orang yang menjauhkan diri dari shalat berjamaah di masjid/musholla.
  2. Bila si munafik terus memelihara kemalasannya dan kesombongannya untuk memenuhi undagan Allah (lewat muadzin) guna mendatangi Masjid atau tempat Shalat Berjamaah, maka " Seluruh Rumah dan Harta Bendanya akan habis " entah terbakar, entah dibakar, entah hilang, entah bangkrut, entah hancur karir dan usahanya, entah dicuri atau pun dirampok. (Ini isyarat dari perkataan Khalifah Umar Bin Khattab pada saat beliau jadi Khalifah menggantikan Abu Bakar as-Shidiq)).
Lewat peringatatan tersebut  bagi si pembangkang munafik : 
"SIAP-SIAP BERTEMU KEHANCURAN DUNIA DAN BERTEMU PANASNYA JAHANAM BILA MENJAUHKAN DIRI DARI MASJID."

Inilah hadits yang dimaksud di atas tersebut :

عَنْ أَبِـي هُرَيْرَةَ قَالَ، قَالَ رَسُـولُ اللهِ:
 إِنَّ أَثْـقَلَ صَـلاَةٍ عَلىَ الْمُنَافِـقِينَ صَـلاَةُ الْعِـشَاءِ وَصَـلاَةُ الْفَـجْرِ، وَلَوْ يَعْلَـمُونَ مَا فِيـهِمَا َلأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَـبْوًا، وَلَقَدْ هَمَـمْتُ أَنْ آمُرَ بِالصَّـلاَةِ فَـتُقَامَ ثُمَّ آمُرَ رَجُـلاً فَيُصَـلِّيَ بِالنَّاسِ ثُمَّ أَنْـطَلِقَ مَـعِي بِرِجَالٍ مَعَـهُمْ حُزَمٌ مِنْ حَـطَبٍ إِلَى قَوْمٍ لاَيَشْـهَدُونَ الصَّـلاَةَ فَأُحَـرِّقَ عَلَيْـهِمْ بُيُوتَـهُم) {بِالنَّارِ

Dari sahabat Abu Hurairah r.hu dia berkata, bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda:
“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik, adalah shalat isya’ dan subuh [berjamaah]. Kalau saja mereka tahu apa yang ada pada keduanya. Mereka bakalan mendatanginya walaupun sambil merangkak. Dan, aku telah berencana untuk memerintahkan shalat seorang laki-laki bersama orang-orang. Kemudian, aku mengajak mereka membawa kayu bakar menuju kaum yang tidak mendatangi shalat. Lalu, aku bakar rumah mereka dengan api” (HR.Bukhari dan Muslim).
Posting Komentar